Artikel Jamur Tiram

Artikel Jamur Tiram
http://3.bp.blogspot.com/--30WyL37AQo/ThqEpHAZhLI/AAAAAAAAALE/AKBNaYmutsg/s72-c/lok.jpg


Met pagi sob,, kali ini saya mau sdikit cerita nih, dulu waktu ane kursus internet selama 3 bulan, ane ada tugas untuk membuat suatu usaha untuk di online kan, kebetulan temen ane ada yang udidaya jamur tiram, akhirnya ane beli baglognya sob, dan waktu itu budidaya di kebun yang ada gudangnya, milik pak guru lah. tiap hari kisaran keluar 3kilo an sob, cuma sekarang berhenti karena tidak terawat. tapi tiap malem pasti masih saja ada penelpon pembeli jamur sob. Nah nih sekarang ane mau share sedikit tentang jamur. Silahkan di baca moga bermanfaat.
Jamur merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki bentuk, warna sangat beragam dan rasa yang lezat jika dimasak. Jamur tiram merupakan salah satu tumbuhan yang hidupnya sapropit. Jamur tiram ini mudah rusak jika terlalu lama disimpan di udara terbuka, walaupun dalam lemari pendingin. Jamur akan lebih lama jika disimpan dalam keadaan kering (Sumoprastowo, 2000). Jamur yang di simpan dalam keadaan kering tahan sampai 1 tahun.

Jamur tiram sebagai bahan makanan

Jamur tiram juga memiliki berbagai manfaat yaitu 
  1. Sebagai makanan, 
  2. Menurunkan kolesterol
  3. Sebagai antibakterial dan antitumor
  4. Dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi
  5. Berguna dalam membunuh nematoda 
  6. Mengurangi kolesterol dan jantung lemah serta beberapa penyakit lainnya. 
  7. Jamur ini juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes, anemia.
  8. Bermanfaat sebagai antiviral dan antikanker serta menurunkan kadar kolesterol.
  9. Di samping itu, jamur tiram juga dipercaya mampu membantu penurunan berat badan karena berserat tinggi dan membantu pencernaan.
  10. Jamur tiram ini mengandung senyawa pleuran yang berkhasiat sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, serta bertindak sebagai antioksidan. Adanya polisakarida, khususnya Beta-D-glucans pada jamur tiram mempunyai efek positif sebagai antitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS), melawan kolesterol, antijamur, antibakteri, dan dapat meningkatkan sistem imun. Pada jamur tiram, produk ini disebut sebagai plovastin yang di pasaran dikenal sebagai suplemen penurun kolesterol (komponen aktifnya statin yang baik untuk menghambat metabolisme kolesterol di dalam tubuh manusia). Dilihat dari kandungan gizi yang terdapat dalam jamur tiram maka bahan ini termasuk aman untuk dikonsumsi. Adanya serat yaitu lignoselulosa baik untuk pencernaan. USDA (United States Drugs and Administration) yang melakukan penelitian pada tikus menunjukkan bahwa dengan pemberian menu jamur tiram selama 3 minggu akan menurunkan kadar kolesterol dalam serum hingga 40 % dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi pakan yang mengandung jamur tiram. Sehingga mereka berpendapat bahwa jamur tiram dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterol. Di Jepang saat ini sedang diteliti potensi jamur tiram sebagai bahan makanan yang dapat mencegah timbulnya tumor. 
Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Daun Insulin - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger